Gadget Buatan Apple Rawan Pembobolan - Berita Terkini

30 Aug 2010

Gadget Buatan Apple Rawan Pembobolan - Berita Terkini
CELAH keamanan di perangkat yang kini tengah digemari konsumen dunia, ternyata tak hanya ditemukan pada BlackBerry. Gadget populer produksi Apple yakni iPad, iPhone, dan iPod Touch juga memiliki masalah serupa. Ini diketahui menyusul adanya peringatan dari pemerintah Jerman bahwa ketiga perangkat yang menyumbang pemasukan jutaan dolar ke kas Apple itu, rentan dibobol para pencuri data.
Seperti ditulis Orange.com, Kamis (5/8), setidaknya ada dua loop hole software di perangkat yang sangat dibanggakan CEO Apple, Steve Jobs itu. Pertama pada mesin penjelajah internet alias browser. Satu lagi, pada program pembuka portable document format (PDF). Jika salah satu cara penyusupan itu di-klik, maka password, rencana kerja, dan e-mail pengguna, sangat mungkin telah disusupi.
Dari hasil penelitian kantor Federal untuk Keamanan Informasi Jerman, celah di iPhone terjadi untuk sistem informasi versi 3.1.2-4.0.1. iPad versi 3.2-3.2.1, sedangkan pada iPod Touch untuk versi 3.1.2-4.0. Dilaporkan, kelemahan ini belum memakan korban, bahkan Apple sendiri diperkirakan belum tahu produknya bermasalah.
Hal ini dibuktikan dengan belum dirilisnya tambalan software (patch) di situs mereka. Menurut kantor federal, hanya ada satu cara untuk menghindarinya. Jangan sembarangan membuka file PDF dan membuka situs yang diragukan keamanannya.
Isu keamanaan yang menimpa Apple sama beratnya dengan BlackBerry. Bila tak segera diatasi dengan mengeluarkan patch, sangat mungkin muncul gugatan terhadap Apple karena dinilai lambat mengatasi kerusakan produknya. Sementara BlackBerry harus meyakinkan beberapa negara yang ragu seperti India, Kuwait, Uni Eropa dan Arab Saudi bahwa 2 server utama jaringan BlackBerry di Inggris dan Kanada takkan dibobol hacker atau orang Research In Motion sendiri.

Sumber : http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=69591


TAGS Berita Terkini Gadget


-

Author

Follow Me